Panduan Memilih Mainan Anak Sesuai Usia – Mainan selain berfungsi sebagai hiburan untuk anak juga memiliki manfaat lain yaitu sebagai media edukasi untuk anak belajar. Untuk itu orang tua harus lebih bijak dalam memilih mainan yang akan dimainkan oleh anak nantinya karena anak kecil punya pemahaman dan kemampuan yang berbeda di setiap tahapan usianya.

Contohnya bayi yang masih berusia 6 bulan apabila Anda berikan mainan balok plastik yang harusnya diberikan kepada anak yang sudah berusia 3-5 tahun hanya akan melemparkan mainannya sebab anak berusia 6 bulan belum paham apa yang harus dilakukan dengan balok-balok tersebut [1].

Anak-anak dapat menikmati mainan mereka jika orangtua memberikan pada tahap perkembangan yang pas. Panduan berikut akan membantu Ibu menemukan mainan sesuai usia anak yang menambah keseruan bermain pada bayi dan balita.

Mainan untuk anak usia 0-3 bulan

Usia ini merupakan bulan pertama bagi bayi sebelum mereka belajar menggenggam benda atau duduk, pada bulan ini pandangan matanya masih belum jelas ia hanya bisa melihat pada jarak 12 inci.

Umumnya bayi pada usia ini menyukai pola yang sangat kontra dan berwarna cerah karena warna tersebut sangat mudah ditangkap oleh daya penglihatan. Mereka juga cenderung menyukai benda yang bergerak perlahan dan menghasilkan suara lembut.

Beberapa mainan berikut akan membantu mereka bereksplorasi.

  • Kotak musik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bayi berusia 0-3 bulan sangat tertarik dengan benda yang menghasilkan suara. Untuk itu mainan ini sangat cocok untuk mereka. Anda bisa memainkan kotak musik tersebut dan perhatikan responnya. Selain membantu ia belajar, kotak musik dapat menghibur dan menenangkan untuk bayi [2].

  • Buku lembut dengan pola kontras

Anda pasti lebih mengenalnya dengan sebutan soft book. Buku ini memang didesain untuk para bayi karena memiliki pola atau dekorasi yang penuh dengan warna dan menarik bagi mereka. Berbahan lembut agar bayi dapat mudah membalik setiap halamannya [2].

Mainan untuk anak usia 3-6 bulan

Menggenggam, menggapai dan memutar mainan merupakan tahap yang dilakukan oleh anak pada usia ini. Anak akan sering memutar balik mainan karena ia tertarik dengan setiap sudut dari mainan tersebut. Tetapi Anda juga harus waspada pada usia ini anak juga senang memasukan benda ke dalam mulut mereka. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk memeriksa label mainan pada anak apakah aman bila dikunyah.

Beberapa mainan berikut akan membantu mereka bereksplorasi.

  • Rattle

Mainan ini sangat cocok untuk anak pada rentan usia 3-6 bulan yang suka menghasilkan suara. Rattle membantu mereka untuk mengenal ritme. Carilah rattle dari material yang kuat, bukan plastik yang mudah rapuh. Pastikan pula tidak ada bagian kecil yang bisa tertelan oleh mereka [2].

  • Mainan karet berbunyi

Untuk melatih motorik menggenggam pada anak Anda. Mainan ini cocok untuk Anda berikan karena bisa dipegang dan dipencet. Berikan mainan ini ketika anak sedang mandi agar ia lebih bersemangat [2].

Mainan untuk anak usia 6-9 bulan

Anak akan lebih aktif bermain pada usia ini. Bahkan ia kina bisa mengambil dua mainan sekaligus dan memukulkan keduanya. Anak Anda juga menjadi lebih banyak bergerak karena ia mulai belajar untuk duduk tanpa bantuan, tengkurap dan bergerak maju-mundur, merangkak dan bahkan mencoba untuk berdiri tanpa bantuan.

Beberapa mainan berikut akan membantu mereka bereksplorasi.

  • Buku

Ini merupakan kesempatan untuk Anda mengembangkan daya komunikasi pada anak karena seperti soft book mainan ini akan melatih anak untuk lebih interaktif dan komunikatif [2].

  • Bola

Seperti penjelasan di atas anak pada rentan usia ini sangat aktif bergerak sehingga bola sangat cocok untuk mereka. Anak dapat belajar menggulingkan bola. Pastikan ukuran bola cukup besar untuk mencegah bola masuk kedalam mulut. Anda bisa memilih bola dengan material kain, ringan, bertekstur dan dapat menghasilkan suara agar anak lebih tertarik memainkannya [2].

Mainan untuk anak usia 9-12 bulan

Beberapa anak pada usia ini sudah dapat berdiri tanpa bantuan bahkan berjalan. Ia kini lebih tertarik dengan permainan interaktif. Kemampuan untuk memecahkan masalah juga meningkat pada usia ini. Ia akan mencoba membuka wadah yang jernih tempat Anda menaruh mainan mereka. Ia juga kini mulai memahami kata dan mengenali nama benda yang mereka kenal.

Rasa penasaran mereka juga kian meningkat karena ia sudah lebih bebas bergerak. Beberapa mainan berikut akan membantu mereka bereksplorasi.

  • Mainan yang dapat didorong

Mainan ini akan membantu anak untuk melatih kemampuan mereka untuk berjalan. Pilihlah mainan dorong yang cukup berat agar ia bisa bersandar mendorongnya [2].

Mainan untuk anak usia 12-18 bulan

Anak Anda kini lebih aktif dari sebelumnya. Seluruh anggota tubuhnya kini lebih sering ia gerakan.

Beberapa mainan berikut akan membantu mereka bereksplorasi.

  • Buku bergambar

Berwarna dan banyak objek yang menarik membuat anak akan tertarik dengan mainan ini. Biarkan anak untuk memilih buku yang ingin ia baca sendiri [2].

  • Kertas dan krayon

Mainan yang sederhana ini membantu mereka berkreatifitas dengan warna. Anda juga dapat mengenalkan dan membantu menyebutkan warna-warna dari krayon tersebut.

Mainan untuk anak usia 18-24 bulan

Pada rentan usia ini anak mulai lebih mandiri. Ia akan melakukan kegiatan ataupun mengambil sesuatu tanpa bantuan orang tua. Anda harus lebih waspada karena anak pada usia ini sudah bisa menggapai benda-benda yang lebih tinggi daripada mereka.

Beberapa mainan berikut akan membantu mereka bereksplorasi.

  • Mainan rumah-rumahan

Anak sangat senang meniru aktivitas yang dilakukan orang dewasa di sekitarnya pada usia ini. Mainan seperti rumah-rumahan atau masak-masakan dengan ukuran mini akan sangat menyenangkan untuk mereka [2].

  • Balok besar dan kecil

Permainan ini membantu anak Anda dalam menggenggam, menumpuk dan menyortir. Bebaskan ia bereksperimen dengan semua bentuk ukuran dari balok tersebut [2].

Mainan untuk anak 24-30 bulan

Kemampuan Bahasa semakin berkembang kini ia juga sudah bisa menata mainannya sendiri. Anak Anda sangat bersemangat, jadi cari mainan anak dan aktivitas yang memberinya sarana untuk menyalurkan energi. Juga cari mainan anak yang menantang perkembangan pikirannya. Beberapa mainan berikut akan membantu mereka bereksplorasi.

  • Mainan berkendara

Kini Anda bisa memberikannya sepeda roda tiga atau empat. Ini sangat cocok agar anak Anda bisa menyalurkan energi mereka [2].

  • Bola

Anak Anda bisa melatih kemampuan melempar bola bahkan memasukkan bola kedalam keranjang [2].

Mainan untuk anak usia 30-36 bulan

Di usia ini, anak Anda menjadi sangat imajinatif dan menyukai permainan yang lebih kompleks. Beberapa mainan berikut akan membantu mereka bereksplorasi.

  • Puzzle

Cari puzzle dengan ukuran lebih besar dan simple dengan gambar yang sudah ia kenali. Permainan ini membantu mengembangkan kemampuan memecahkan masalah dan koordinasi mata dan tangan [2].

Selain memerhatikan jenis mainan anak yang tepat berdasarkan usia, memilih mainan anak juga harus memerhatikan bahan, warna, ataupun bentuk mainan yang mungkin berisiko melukai anak. Jadi jangan salah pilih, jadikan mainan anak sebagai sarana belajar yang menyenangkan dan edukatif [3].

Jangan lupa penuhi asupan air minum anak Anda dengan air mineral yang berkualitas yaitu AQUA yang juga menghadirkan AQUA kids.

AQUA Kids dilengkapi dengan berbagai karakter menarik pada labelnya, sehingga bisa membuat minum air menjadi lebih menyenangkan untuk si kecil dan bisa lebihnya mudah berkonsentrasi. AQUA Kids hadir dalam dua varian yaitu 330 ml dan 450 ml, kemasan 450ml dilengkapi dengan tutup botol sport cap sehingga mudah dipegang, mudah dibuka dan tidak mudah tumpah [4].

Selalu sedia AQUA kids untuk melengkapi asupan cairan anak Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here